Pengenalan Algoritma Pemrograman

Sebelum agan belajar tentang pemrograman, baik itu pemrograman bebasis desktop atau berbasis web lebih baik belajar dulu tentang Algoritma Pemrograman. Alogritma itu apa ?
Algoritma adalah sekumpulan langkah- langkah atau instruksi- instruksi yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah. Dalam bidang pemrograman, algoritma didefinisikan sebagai :
“Suatu metode yang terdiri dari serangkaian langkah-langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis untuk menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer”.
Algoritma merupakan penulisan sejumlah kode tertentu untuk menyelesaikan suatu problem berbasiskan komputer. Kode-kode tersebut dibuat sesuai algoritma yang diinginkan. Program yang dibuat harus sesuai dengan format suatu bahasa yang digunakan.
 
Algoritma dan pemrograman yang baik :
- Memiliki logika perhitungan/metode yang tepat dalam memecahkan masalah
- Menghasilkan output yang tepat dan benar dalam waktu yang singkat
- Ditulis dengan bahasa yang standar dan sistematis.
- Dituliskan dengan format yang mudah dipahami
 
Kriteria Algoritma menurut Donal E.Knuth :
- Input : algoritma dapat memiliki nol atau lebih inputan dari luar
- Output : algoritma harus memiliki minimal satu buah output keluaran
- Definiteness (Pasti) : Algoritma memiliki instruksi –instruksi yang jelas dan tidak ambigu
- Finiteness (ada batas) : Algoritma harus memiliki titik henti (stopping Role)
- Effectiveness (tepat dan efisien): Algoritma sebisa mungkin harus dapat dilaksanakan dan efisien. Contoh intruksi yang tidak efektif adalah A=A+0 atau A=A*1
 
Jenis Proses dalam Algoritma :
- Sequence Process : Intruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan.
- Selection Process : Instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria tertentu
- Iteration Process : Instruksi dikerjakan selama memenuhi suatu kondisi tertentu
- Concurent Process : Beberapa instruksi dikerjakan secara bersama.
 
Hubungan antara Masalah dengan Algoritma pemrograman
Hubungan Masalah dengan Algoritma

 
Dalam suatu pemrograman sederhana, Algoritma adalah langkah pertama untuk dibuat sebelum membuat suatu program. Masalah yang dapat diselesaikan oleh pemrograman komputer adalah masalah yang berhubungan dengan perhitungan matematik.
Hal yang penting dikuasai dalam pemrograman adalah logika berpikir bagaimana cara memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat. Kadang-kadang ada masalah matematika yang sangat gampang jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika diterjemahkan ke dalam pemrograman. Jika menemukan hal seperti itu, maka algoritma dan logika pemrograman sangat penting untuk memecahkan masalah.

Contoh  Algoritma :
Algoritma untuk mencari jumlah N bilangan bulat >0, yaitu 1 + 2 + 3 + N
Algoritmanya adalah :
1. Mulai
2. Tentukan jumlah=0 dan pencacah c=1
3. Ulangi langkah selanjutnya hingga c>N
    a. Hitung jumlah=jumlah + c
    b. Naikkan nilai c dengan 1
4. Hasil yang diperoleh ialah jumlah total
5. Tampilkan jumlah total
6. Selesai
 
Contoh yang lebih sederhana  Algoritma :
Buatlah algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 2x + 3
Algoritmanya adalah :
1. Mulai
2. Tentukan nilai x
3. Hitung nilai y = 2x + 3
4. Tampilkan Nilai x dan y
5. Selesai
 
Contoh yang lebih mudah Algoritma :
Buatlah algoritma untuk menghitung luas persegi panjang
Algoritmanya adalah :
1. Mulai
2. Tentukan nilai p dan l
3. Hitung nilai luas = p x l
4. Tampilkan/cetak Nilai luas
5. Selesai

 
Setelah agan mempunyai gambaran tentang Algoritma, selanjutnya adalah membuat algoritma tersebut dalam bentuk bagan alir atau yang sering disebut Flowchart. Baca juga Pengenalan Algoritma biar algoritmanya mantep :D .
Semoga posting ane tentang Pengenalan Algoritma Pemrograman bermanfaat :)

Related

Algoritma & Struktur Data 6878137220846075992

Post a Comment

emo-but-icon

Populer

Comments

item